4 Ciri Ciri Orang Panjat Sosial, Kamu Wajib Tahu!

Mencapai titik popularitas memang tidak mudah, sehingga beberapa orang butuh bantuan dari pihak eksternal. Hal ini yang membuat banyak orang memutuskan panjat sosial ke pihak lain agar dikenal oleh masyarakat luas. Akan tetapi, mengenal lebih dulu pansos artinya yang mendompleng popularitas sering kali merugikan orang lain. Yuk kenali ciri cirinya di bawah ini!

Ciri Ciri Orang yang Panjat Sosial

  1. Berteman dengan Alasan Status Sosial

Memiliki status sosial tinggi menjadi impian banyak orang, karena dipandang lebih baik oleh masyarakat. Hal ini menyebabkannya rasa ingin memiliki apa yang dimiliki oleh mereka yang memiliki status sosial lebih tinggi. Mereka yang panjat sosial akan menyaring teman dengan alasan, seperti pakaian, kendaraan, status, pekerjaan, atau kekayaan.

Tak hanya itu, mereka yang pansos juga sering kali melihat teman dari rupa atau fisik agar status sosialnya tidak dipandang rendah. Berteman dengan mereka yang cantik dan ganteng dapat mendatangkan status yang lebih tinggi. Hal ini bisa menambah rasa percaya diri, karena di zaman sekarang fisik masih dipandang sangat penting oleh masyarakat Indonesia.

Bahkan mereka memilih teman dengan jumlah follower sosial media banyak hanya untuk ikut menaikkan followers dia sendiri. Kamu punya teman yang seperti itu gak?

  1. Berteman dengan Orang “Penting”

Memiliki teman yang memiliki jabatan penting memang terdengar sangat menggiurkan. Tak jarang jabatan orang yang dekat denganmu dapat mendatangkan keuntungan untukmu. Hal ini membuat mereka yang pansos artinya mendapatkan keuntungan secara tak langsung. Tak berhenti di situ, orang pansos juga akan mencari teman penting lainnya agar kenalannya semakin luas.

  1. Peduli terhadap Penampilan

Penampilan memang masih jadi nomor satu yang memengaruhi penilaian orang lain kepada kamu. Hal ini juga salah satu faktor penting yang dipandang oleh orang yang pansos, karena ingin mendapat teman dari kalangan atas. Mereka pun berusaha mengubah penampilan agar layak dipandang dengan memakai baju yang mahal dan aksesoris yang mencolok.

Kurangnya biaya bukan suatu kendala demi mencapai keinginannya untuk mendapat teman dari kalangan yang lebih tinggi. Penampilan mewah sering kali membuat status sosial jadi lebih tinggi, sehingga dipandang memiliki kelebihan daripada orang lain. Hal inilah yang membuat banyak orang berlomba lomba tampil menarik dengan biaya cukup fantastis.

  1. Kurang Empati

Pernahkah kamu melihat seseorang yang memiliki banyak teman, tetapi justru tidak tahu harus meminta bantuan kepada siapa? Inilah salah satu ciri yang dimiliki orang panjat sosial. Pansos artinya kamu berteman atas dasar saling membutuhkan, tetapi tidak adanya ikatan yang intim di antaranya. Dapat dikatakan mereka tidak memiliki teman yang kenal baik dan akan membantu di saat sulit.

Bersosial di dunia zaman modern ini memang cukup sulit, terutama bila kamu tidak memiliki keunggulan. Keunggulan ini mencakup berbagai hal, seperti kekayaan, fisik, jabatan, atau prestasi. Akan tetapi, waspadai teman teman yang mendekatimu hanya karena mengincar sesuatu hal yang dimiliki. Terdapat empat ciri yang bisa kamu amati, sehingga tidak salah dalam memilih teman.