4 Jenis Influencer Berdasarkan Jumlah Followers yang Dimiliki

Pada era sekarang ini, istilah influencer marketing semakin populer dan terus berkembang. Dunia public relations sekalipun begitu berkaitan erat dengan influencer marketing yang telah menjadi bagian dari strategi PR yang sangat inovatif. Influencer sendiri terdapat beberapa macam, berikut jenis influencer berdasarkan jumlah followers yang dimiliki.

Berbagai Jenis Influencer

  1. Nano Influencer

Seseorang yang termasuk dalam nano influencer umumnya tidak mengidentifikasi diri sebagai influencer, karena mereka kebanyakan hanya menggunakan sosial media sebagai hobi. Dengan kata lain cara bekerja mereka mungkin tidak begitu profesional, namun beberapa perusahaan lebih memilih bekerja dengan nano influencer karena harganya yang relatif lebih murah.

Nano influencer sendiri merupakan jenis influencer yang paling terjangkau oleh berbagai perusahaan, bahkan perusahaan berkembang sekalipun. Jenis influencer ini cenderung memiliki jumlah pengikut kurang dari 10 ribu di sosial media. Jangkauan pasar mereka lebih ke audiens skala kecil dan spesifik dengan sentuhan yang jauh lebih personal.

  1. Micro Influencer

Jenis influencer berdasarkan jumlah followers berikutnya yaitu micro influencer, yang memiliki jumlah followers antara 10 hingga 100 ribu orang. Influencer dengan jenis ini banyak dimanfaatkan untuk bisnis kecil dan menengah, dimana saat kamu memilih micro influencer penting untuk melihat apakah konten mereka relevan dengan brand yang dimiliki atau tidak.

Pasalnya kebanyakan micro influencer biasanya memfokuskan konten mereka di bidang tertentu, seperti fashion wanita, makanan, kecantikan, traveling, dan lain sebagainya. Bekerja sama dengan micro influencer bisa membuat kamu mampu menjangkau target audiens yang sesuai dengan produk, melalui konten yang berkualitas.

  1. Macro Influencer

Macro influencer memiliki jumlah pengikut yang lebih banyak dari micro influencer, dimana followers mereka bisa mencapai 500 ribu hingga 1 juta pengikut. Yang termasuk dalam macro influencer ini bisa saja seorang blogger, bintang media sosial, atau vlogger yang memiliki banyak pengikut secara online namun belum mencapai status selebriti.

  1. Mega Influencer

Mayoritas dari mega influencer merupakan selebriti di luar ranah media sosial, seperti aktor, musisi, maupun atlet terkenal yang mampu menarik perhatian banyak audiens. Jenis influencer berdasarkan jumlah followers yang mencapai setidaknya 1 juta ke atas ini, umumnya memang menuntut biaya yang besar jika diajak bekerja sama.

Namun hal ini sangat wajar, karena skala audiens mereka juga begitu besar. Bahkan postingan bersponsor dari para mega influencer ini sering kali mendapat sukses besar. Jadi jika tujuanmu adalah untuk meningkatkan brand awareness serta menjangkau audiens dalam skala besar dan beragam, maka mega influencer merupakan pilihan yang sangat tepat.

Pemilihan influencer untuk diajak kerja sama tidak sesederhana hanya melihat pengikut yang mereka miliki saja. Sebab tidak semua influencer yang memiliki pengikut banyak, sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Sebaiknya pertimbangkan jenis audiens yang ingin kamu jangkau, dan perhatikan kesesuaiannya dengan segmen pasar yang kamu miliki.