4 Tipe Konten Media Sosial dengan Interaksi Tinggi

Jika kamu ingin menjadi seorang influencer di sosial media, maka penting untuk melakukan strategi konten yang kuat. Strategi ini diperlukan untuk menemukan konten di media sosial yang dapat mendorong audiens untuk klik, like, share, dan mendapatkan keterlibatan tinggi. Maka dari itu berikut tipe konten media sosial dengan interaksi tinggi yang perlu kamu ketahui.

Jenis Konten di Media Sosial

  1. Podcast

Konten sejenis podcast sebenarnya sudah ada sejak lama, namun beberapa waktu ini konten tersebut baru mendapat momentum dan perhatian di masyarakat. Karena begitu populernya podcast, kamu bisa fokus pada pemasaran konten tersebut untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dan audiens pada sosial mediamu.

Sebelum membuat video, kenali terlebih dahulu apa yang dapat diambil oleh para audiens dari setiap episodenya. Kemudian baru buat video podcast tersebut dengan cara bagikan link podcast, lalu buat gambar statis dan letakkan audio podcast di atasnya serta unggah sebagai video. Dengan cara ini maka audiens kamu bisa langsung mendengarkan melalui media sosial tersebut.

  1. Livestreams

Tipe konten media sosial dengan interaksi tinggi bersama audiens selanjutnya yaitu livestream. Dimana konten ini memungkinkan kamu untuk menyapa penonton secara langsung, dan audiens kamu bisa memberi komentar pada kolom yang tersedia. Kini hampir sebagian besar media sosial populer memiliki fitur live yang bisa kamu manfaatkan.

Bahkan beberapa media sosial menawarkan kamu kemungkinan untuk menyimpan konten tersebut, agar tersedia untuk orang lain setelahnya. Jadi hal ini akan memungkinkan pengikut kamu untuk melihat konten tersebut, ketika mereka melewatkannya. Dengan konten livestreams ini, kamu bisa melakukan Q & A atau perkenalan produk dan lain sebagainya.

  1. Webinars

Webinars bisa kamu jadikan konten yang bermanfaat di sosial media, karena percaya atau tidak webinar ini juga dapat dishare pada akun sosial media. Topik yang diangkat dalam webinar bisa seputar hal yang kamu kuasai, contohnya webinar NLP copywriting dan lain sebagainya. Pertimbangkan untuk mengunggah rekaman webinar ke YouTube atau Facebook.

  1. Giveaway

Jika kamu memasarkan produk di sosial media, maka tidak ada salahnya melakukan giveaway. Giveaway merupakan salah satu tipe konten media sosial dengan interaksi tinggi dengan audiens. Hal ini karena semua orang tentu saja menyukai barang gratis. Dengan konten giveaway yang dilakukan sesekali, maka pengikut kamu di media sosial pun akan bertambah.

Dengan kata lain audiens yang melihat produkmu juga akan semakin banyak. Dan tidak menutup kemungkinan para pengikut baru tersebut bisa menjadi pembeli potensial dari produk yang kamu pasarkan. Mengadakan giveaway dapat menginspirasi audiens agar menunjukkan inisiatif dan membuat langkah pertama untuk menjangkau brand yang kamu miliki.

Konten di media sosial sendiri sebenarnya begitu bervariasi, dan banyaknya audiens dari konten tersebut tergantung juga pada cara kamu mengemasnya. Oleh karena itu perlu sekali melakukan riset terlebih dahulu mengenai apa yang disukai oleh masyarakat, atau kamu perlu membuat konten yang unik dan berbeda. Hal yang berbeda akan lebih disenangi oleh penonton. Dan jika kamu butuh banyak audiens tapi gak mau ribet bisa beli followers aktif saja.