bahan rayon

Apabila anda suka dengan karakter pakaian dengan rajutan benang yang halus maka anda bisa mencoba rajutan benang yang satu ini. Bahan tersebtu adalah bahan rayon. Bahan rayon merupakan sebuah bahan yang di buat dari bahan sutera dan campuran bahan kimia.

Sehingga banyak yang menyebutnya dengan sebuta emi sintetis. Yakni campuran bahan sutera dengan bahan kimia. Kain ini memiliki sifat yang lembut sehingga sangat cocok untuk anda gunakan setiap saat.

Untuk anda yang masih penasaran dengan karakteristik bahan ini, website ini akan mengulas secara lengkap mengenai karakteristik, kelebihan hingga pada kekurangan bahan rayon.

Karakteristik bahan rayon

1. Serat rayon mengandung unsur kimi karbon, hydrogen dan oksigen.
2. Kain rayon memiliki kilau tinggi.
3. Tekstur dan permukannya halus dan lembut
4. Masuk dalam kategori kain yang licin, sehingga mirip dengan kain sutra.
5. Memiliki daya serap yag tinggi, hampir mirip degan katun.
6. Kain yang terkenal dengan bahannya yang mudah terbakar disbanding dengan bahan yang lain.
7. Retensi bahan rayon cenderung sangat rendah, sehingga tidak mudah kembali ke bentuk semula.
8. Kain rayon merupakan kain yang mudah menerima proses pewarnaan.

Di atas merupakan beberapa karakteristik murni dari bahan rayon, dan sifatnya yang lembut sansgat cocok apabila anda gunakan sebagai bahna untuk pakaian dan anda pakai setiap saat.

Setelah anda mengetahui bagaimana karaktegristik dari bahan rayon, maka berikut ini ada kelebihan dan juga kekurangan dari bahan rayon yang sangat penting untuk anda ketahui.

Kelebihan bahan rayon

1. Daya serap yang tinggi

Seperti yang anda ketahui bahwa bahna rayon di buat dari bahna sutera campuran dengan bahan sintetis. Hal tersebut membuat pakaian atau baju yang terbuat dari bahan rayon akan lebih nyaman pada saat anda gunakan.

2. Tekstur yang lembut

Tekstur yang lembut tentunya dapat mengurangi rasa iritasi pada kulit. bahkan tidak mengurangi iirtasi kulit, seratnya yang lembut dan halus tidak akan membuat kulit anda iritasi dan itu sangat nyaman untuk di gunakan.

3. banyak warna dan motif

Keunggulan selanjutnya adalah banyak pilihan warna dan juga motif. Hal ini akan menjadi hal yang bagus apabila di pakai sebagai bahna untuk membuat baju hijab ataupun sebuah kemeja. akan terasa nyaman pada saat dikenakan

4. Banyak varian

Pilihan yang cukup banyak membuat siapa saja bisa memilih warna hingga motif yang sesuai dengan suasa hatinya. Hal ini sangat bagus untuk menunjnag penampilan.

5. Harga yang cukup terjangkau

Yang paling penting adalah harganya yang murah. Dengan harga jual yang cukup terjangkau pastinya akan membuat anda lebih mengehmat anggaran.

Kekurangan bahna rayon

1. Bahan yang mudah kusut dan lentur

Seperti yang anda tahu bahwa bahan yang memiliki sifat yang mudah kusut sehingga sangat penting untuk di setrika terlebih dahulu sebelum dikenakan.

2. Bahan kain rayon tidak begitu kuat

Bahan ini juga tidka begitu kuat mengingat kainnya yang cukup tipis. Sehingga anda perlu lebih berhati-hati.

3. Licin

Bahna yang licin tentunya cukup mengganggu utnuk anda yang tidak terbiasa. Untuk itu sebelum anda mengenakan pakaian yang berbahayan rayon , maka wajib hukumnya untuk mengetahui kekurangannya.

4. Bahan rayon tipis

Seperti yang sudah di jelaskna bahw akain ini tipis dan menerawang.

5. Bahna rayon mudah terbakar

Apabila anda menyetrika bahan ini perlu di perhatikan suhunya. Karen sifat dari bahan rayon adalah mudah terbakar.