bahan spandek

Bahan spandek adalah salah satu bahan yang memiliki sifat lentur. Bahan ini mampu merenggang hingga lima kali dari aslinya. Seperti yang adna tahu bahwa kain jenis ini bisa anda jadikan sebagai pembuat bahan dasar untuk membuat tengtop, pakaian dalam dan juga bra.

Beberapa pakaian dalam bisa di buat dengan menggunakan bahna spandek, mengingat kainnya yang lentur bisa dengan mudah untuk membuat beberapa jenis pakaian dalam. Tidak hanya itu, karena beberapa bisa di jadikan sebagai bahna untuk memvuat handuk.

Daya resap dari bahan spandek juga cukup baik untuk menyerap air sehingga juga bisa di buat sebagai bahna untuk membuat handuk. Apabila anda penasaran dengan kain ini, akan kami ulasa secara lengkap kelebihan hingga kekurangan dari bahan spandek untuk menambah pengetahuan anda.

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari bahan spandek yang bisa anda ketahui.

kelebihan bahan spandek

1. Memiliki daya elastisitas tinggi
2. Tidak mudah rusak meski ditarik karena kain akan kembali ke bentuk aslinya
3. Tidak mudah kusut bahkan tanpa disetrika
4. Permukaan kain lembut dan halus
5. Kain bisa mengikuti bentuk tubuh
6. Tidak mudah rusak karena keringat, air laut, dan lotion
7. Warna tidak mudah pudar
8. Bahannya tipis, ringan, akan tetapi tidak menerawang
9. Tidak membatasi gerak yang memakai
10. Teksturnya halus dan lembut

Beberapa kelebihan dari bahan spandek tentunya memiliki banyak fungsi, terutama bagi anda yang memiliki usaha busana dan baju. Untuk itu perlu anda ketahui mengenai beberapa jenis kain yang mana salah satuny aadalah kain spandek.

Sifat lentur yang sangat khas pastinya akan bisa dengan mudah untuk anda jadikan sebagai bahan referensi dan mudah di kenali. Dengan begitu anda bisa dengan mudah membedakan bahan spandek yang berkualitas bagus dan kualitas di bawah rata-rata.

Selain itu tidak dipungkiri bahw abahan spandek juga memiliki kekurangan yang tidak terlalu dominan. Hal ini juga sangat penting untuk anda ketahui supaya anda mendapatkan banyak referensi memilih bahna spandek yang bagus dan benar.

Kekurangan bahan spandex

1. Kain spandex sangat sensitif terhadap panas, jadi hati-hatilah saat menyetrikanya
2. Spandex tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Akan tetapi hal ini juga tergantung pada jenis spandex yang dipakai.
3. Seratnya cenderung licin dan mudah bau ketika terkena keringat

Beberapa kekurangan tersebut bsia di katakan sebagai kekurangan yang tidak terlalu dominan. Namun yang perlu anda perhatikan bahwa pada saat anda menyetrikanya. Mengingat bahannya yang tipis dan mudah terbakar apabila terkena panas yang terlalu berlebihan.

Kebanyakan bahna elastis memang kurang bagus daya serapnya terhadap air. Namun tidak terlalu dominan, karena beberapa juga bisa memiliki daya serap yang cukup baik terhadap keringat dan air.

Apabila anda mencari bahan yang bersifat licin, maka bahan spandek adalah pilihannya. Akan tetapi yang pelru anda tahu bahwa bahan ini ternyata mudah bau apabila lembab.

Oleh karena itu anda harus memperhatikan tingkat kelembaban apabila menggunakan bakaian dalam dengan bahan dasar kain spandex.

Selain kelebihan dan kekurangan masih ada beberapa yang bisa anda dapatkan informasi lain seperti cara merawat bahan spandek. Berikut ini cara merawat bahan spandek

Cara merawat bahan spandex

1. Jangan sikat kain spandex karena bisa merusak tekstur kain
2. Tidak Perlu memakai pelembut pakaian karena membuat baju cepat kusam
3. Jangan gantung pakaian spandex saat menjemur karena kain akan lebih cepat melar
4. Tidak perlu disetrika karena tidak mudah kusut