Bahan Brokat Yang Bagus Itu Jenis Apa? Berikut Daftar Lengkapnya!

Bahan brokat merupakan sebuah bahan kain yang memiliki sifat kasar dan juga bermotif. Apabila anda adalah seorang wanita yang suka mengenakan kebaya, and apasti tidak asing dengan bahan brokat. Meskipun bahna brokat kasar akan tetapi adna biasa mensiasatinya dengan mengenakan kain tambahan sebelum mengenakan brokat.

Banyak sekali jenis busana yang dapat anda buat dengan menggunakan brokat ini. mengapa dapat demikian ? hal tersebut dikarenakan bahan brokat memiliki motif yang sangat banyak.

Biasanya jenis kain tersebut dapat dipakai untuk membuat sebuah kebaya, hijab dan juga blouse. Akan tetapi ketika anda menggunakan pakaian yang berasal dari bahan brokat yang perlu di ingat selalu mengenakan pakaian terlebih dahulu.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai kain brokat, kita akan membahas satu persatu dari jenis kain tersebut. Brokat memiliki jenis yang cukup beragam sehingga apabila anda ingin memesan sebuah busana dengan menggunakan bahan ini.

Jenis Bahan Brokat Di Indonesia

Bagi anda yang berencana untuk mengenakan kain brokat, alangkah baiknya apabila anda mengetahui beberapa jenis kain brokat yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda :

1. Brokat Varanasi

Brokat yang ini merupakan sebuah brokat yang memiliki benang emas, serat kasar dan juga tebal serta tembus pandang. Memiliki desain hidup seperti bunga yang bisa di gunakan sebagai bahan untuk membuat baju pengantin, kebaya dan blouse.

2. Brokat Awan Nanking

Brokat yang berasal dari china ini merupakan sebuah brokat yang memiliki desain langit. Brokat tersebut memiliki tekstur yang kasar dengan warna yang cukup cerah.

3. Brokat Syria

Brokat yang satu ini merupakan seuah brokat dari arab yang mengacu pada kepercayaans bahwa brokat tersebut di buat dengan menggunakan sutra halus.

4. Brokat Perancis

Kain brokat yang satu ini memang terbilang berbeda pada jenis brokat pada umumnya karena brokat perancis memiliki tekstur yang berbeda. Tekstur pada brokat perancis cukup halus dan tidak kasar seperti brokat pada umumnya.

5. Brokat Semi Perancis

Jenis kain yang satu ini tdiak beda jauh dari Brokrat perancis namun memiliki grade atau kelas di bawah brokat perancis. Tekstur yang sedikit kasar tidak sehalus kain brokat perancis.

6. Brokat Jepang

Kain ini memiliki serat yang halus, ciri-cirinya memiliki motif bunga seperti bunga sakura. Biasanya brokat yang ini digunakan untuk bahan kebaya wisuda

Selain 5 jenis kain brokat di atas masih ada banyak lagi seperti brokat prada, brokat corneli, brokat jackquartronic, Brokat Suppert, brokat tille, brokat tille 3D dan brokat itaky.

Masing-masing memiliki keunggulan yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda di dalam membuat sebuah kain yang pas dengan kebutuhan.

Dengan mengetahui berbagai macam jenis kain brokat maka anda mendapatkan inspirasi yang dapat anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum anda membuat busana.