Bahan Ceruti Itu Jenis Kain Seperti Apa? Ini Kelebihan & Kekurangannya

Sebelum bahas tentang bahan Ceruti, sebaiknya ketahui dulu bahwa di dalam membuat sebuah busana di butuhkan berbagai macam jenis kain yang tepat untuk membuat busana yang sesuai. Tidak semua busana dapat di buat dengan menggunakan bahan yang sama.

Salah satu jenis kain yang sering kali di terapkan untuk membuat busana adalah bahan ceruti. Kain ceruti memiliki tekstur yang bersifat halus dengan permukaan kasar. Meskipun permukaan bahan tersebut terlihat kasar akan tetapi tetap halus pada saat di raba.

Banyak yang mencganggap bahan ceruti ini mirip dengan kain sifon, karena sifon memiliki permukaan kasar apabila di lihat namun tetap halus ketika di raba.

Akana tetapi apabila di bandingkan dengan kain sifon, kain yang satu ini memiliki tekstur yang halus bahkan lebih halus dari bahan sifon. Hal tersebut yang membuat banyak orang beralih ke kain ceruti daripada menggunakan sifon.

Karakteristik Bahan Ceruti

1. Memiliki permukaan yang sangat mirip dengan kulit jeruk, namun tetap halus saat diraba

2. Memiliki bentuk seperti gelombang dan awan apabila di terawang.

3. Bahan lembut dan elastik sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuat hijab

4. Bahan yang ringan sehingga namun tidak sampai melayang sehingga sangat cocok untuk busana kerudung.

Dengan mengetahui karasteristik dari bahan ceruit akan membuat anda dapat dengan mudah mendapatkan sebuah inspirasi yang bisa anda terapkan untuk membuat busana.

Banyak sekali busana yang dapat anda buat dengan menggunakan bahan ceruti. Meskipun cukup banyak busana yang bisa di buat dengan menggunakan ceruit, anda harus tetap berhati-hati saat menggunakan kain ceruti.

Berhati-hati saat menggunakan bahan ceruti makasudnya adalah tidak semua bisa di buat dengan menggunakan jenis kain ceruti meskipun jenis kain ini dapat di terapkan di busana apa saja.

Kelebihan Bahan Ceruti

Elegan

Kesan pertama saat anda anda menggunakan bahan ceruti adalah elegan, terlihat sangat bagus karena terdapat tekstur seperti motif awan.

Semi Premium

Bahan tidak murahan meskipun harcganya tetap terjangkau apabila di bandingkan dengan bahan sifon

Harga Terjangkau

Pastinya harga yang terjangkau, dengan kualitas yang bagus dan bersaing di kelasnya

Perawatan yang mudah

Perawatannya sendiri juga sangat mudah, jenis kain ceruti tidak mudah rusak pada saat di cuci

Bahan tipis tapi kuat

Terlihat tipis namun kuat, pilihan yang tepat untuk pengrajin busana hijab, kerudung, scract dan lainnya.

Bahan tidak panas

Yang membuat banyak orang menginginkannya karena bahannya gak bikin gerah

Kekurangan Bahan Ceruti

Apabila ada kelebihan, pasti juga ada kekurangan dari jenis kain ceruti. Berikut ini beberapa kekurangan dari kain ceruti yang bisa anda jadikan sebagai jenis kain pertimbangan sebelum anda membelinya :

Cenderung Tipis

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa ceruti merupakan salah satu kain yang memiliki sifat tipis sehingga anda tidak bisa menerapkannya untuk membuat jenis-jenis baju yang membutuhkan sebuah kain dengan jenis kain yang tebal seperti jaket dan sweeter.

Bahan Ceruti Punya Sifat Mengkerut

Selain tipis, kain ceruti juga memiliki sifat mengkerut, hal tersebut di karenakan kain ceruti yang tipis sehingga membuat kain ceruti mudah untuk mengkerut

Setelah anda membaca ulasan di atas, sudah di jelaskan karakter, kelebihan dan kekurangan dari bahan ceruti dapat anda jadikan sebagai referensi. Tidak ada yang di lebih-lebihkan begitu juga sebaliknya sehingga informasi yang anda peroleh adalah real atau fakta.

Sebagai tips tambahan bahwa bahan ini sangat bagus apabila anda memiliki usaha baju islami seperti hijab dan juga gamis.