Bahan Denim Itu Jenis Kain Seperti Apa? Ini Kelebihan & Kekurangannya

Bahan denim merupakan sebuah bahan yang digunakan untuk membuat celana jeans. Banyak orang yang menganggap bahwa kain jeans dan juga denim itu berbeda. Namun ketahuilah bahwa celana jeans kebanyakan di buat dari menggunakan jenis kain denim.

Dengan menggunakan bahan ini maka sudah terlihat bahwa bisana yang di buat adalah sebuah busana yang tebal. Sebagian besar orang awam tidak mengenal kain denim, padahal jenis kain tersebut sudah sangat populwer di dunia busana jeans.

Busana jeans sendiri di buat dan di kembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama LEVIS, sehingga kebanyak orang mengenal LEVIS daripada denim.

Kain ini memiliki tekstur yang tebal dan juga sangat bagus apabila di buat sebagai pembuat celana hingga kemeja. Tidak sedikit kemeja yang di buat dari bahan denim dan terlihat bagus serta elegan.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut apa saja sih jenis dari kain denim, berikut ini Jenis kain denim yang bisa anda lihat

Jenis bahan denim

1. dry denim

jenis bahan yang satu ini merupakan sebuah kain denim yang masih berwarna sangat biru. Pada umumnya bahan ini hanya melalui proses pewarnaan saja tanpa proses pencucian sehingga warnanya masih sangat biru.

2. prewash denim

Berbeda dengan dry denim, prewash denim sudah lolos pencucian sehingga kain ini terasa lembut dengan tekstur yang tebal. Biasanya prewash denim bisa di buat sebagai bahan kemeja karena halus.

3. selvage denim

Jenis bahan denim yang satu ini merupakan bahan denim yang mana pinggirannya sudha teranyam rapi. berbeda dengan bahan denim kebanyakan.

4. colored demin

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa jenis kain denim yang satu ini kain denim yang sengaja diwarnai. Dan warna yang dimaksud adalah warna selain warna biru seperti warna jenis kain denim pada umumnya.

Dari beberapa jenis kain denim di atas sebenarnya masih banyak lagi jenis kain denim yang lainnya. Akan tetapi kebanyakan kain denim yang di pakai adalah keempat jenis kain denim di atas.

Tidak lengkap apabila di dalam membahas jenis kain tidak membahas kelebihan dan kekurangan dari kain denim.

Kelebihan Jenis Kain Denim

1. Bahannya yang kuat dan tahan lama

Paszti sudah pada tahu kan bahwa celana jeans merupakan salah satu celana yang sangat tahan terhadap cuaca, entah itu panas ataupun cuaca dingin.

2. Nyaman pada saat dikenakan

Pada saat dikenakan pastinya kain denim sangat nyaman dan juga sangat terasa nyaman. Belum lagi yang dikenakan adalah bahan denim dengan jenis prewash denim yang memiliki sifat halus

3. Terlihat elegan saat di pakai

Semakin berkembangnya jaman, bahan yang satu ini memiliki desain yang bagus sehingga akan terlihat semakin elegan pada saat digunakan.

4. Tidak mudah sobek

Mengingat bahannya yang cukup tebal tentunya jenis kain denim ini tidak mudah sobek.

Kekurangan Kain Denim

1. Banyak pemalsuan atau tiruan

Nah karena bahannya yang tebal dan juga relatif sama, sekarang ini sudah mulai banyak di produksi bahan denim yang sangat mirip namun berbeda bahannya. hal tersebut di karenakan bahannya yang mudah untuk di tiru serta tidak terlihat seperti barang palsu.

2. Modelnya monoton

Seperti yang kita tahu bahwa kain denim sangat monoton, karena jenis kainnya yang itu itu saja. kebanyakan jenis kain denim di buat sebagai bahan pembuat rompi ataupun celana jeans. Saat ini mulai banyak di kembangkan busana dari kain denim akan tetapi kebanyakan terlihat sasmsa saja atau monoton.