Bahan Kaos Itu Jenis Kain Seperti Apa? Ini Jenis-jenisnya!

Di era modern perkembangan tekstil mengalami peningkatan yang cukup pesat sebagaimana perkembangan teknologi yang juga semakin lama semakin berkembang. Tekstil pun juga demikian sehingga membuka minat produsen untuk memproduksi berbagai jenis kain yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Salah satu pasar tekstil yang dominan sekarang adalah kaos. Kaos sendiri banyak digunakan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa sekalipun. Bentuknya yang simple tentunya banyak di minati oleh pasar Indonesia.

Bahkan tidak hanya di indonesia saja karena kaos menjadi salah satu pakaian atau baju yang cukup ramai di gunakan oleh masyarakat internasional. Untuk itu bagi anda yang mencari berbagai macam referensi bahan kaos mulai dari jenis, desain, hingga model kaos bisa anda baca semuanya di dalam website ini.

Sejarah di temukannya kaos oblong atau t-shirt awal mula muncul sekitar pada abad ke 19 sampai awal abad 20, dipakai sebagai pakaian dalam tentara Inggris dan Amerika, pada masa itu dikenakan untuk melakukan aktifitas olahraga maupun aktifitas lainnya di luar tugas ketentaraan.

Dari awal abad ke 19 hingga di jaman modern seperti saat ini tentunya menjadi perjalanan panjang kaos untuk beradaptasi dengan masyarakat, tak terkecuali masyarakat indonesia.

Bahan kaos sendiri bisa jadi bermacam macam dan beberapa bahan kaos yang ramai di gunakan hingga saat ini beberapa diantaranya terdapat jenis kain katun, bahan kain cardet, bahan kain polyster, jenis kain teteron cotton, kain viscose, bahan cotton viscose, bahan hyget dan beberapa bahan lainnya.

Beberapa bahan di atas merupakan bahan yang paling umum di gunakan untuk pasar lokal dan internasional. Bagi anda yang sedang mencari referensi terhadap bahan yang kemungkinan akan anda gunakan sebagai bahan produksi ataupun untuk di gunakan sendiri akan di bahas secara lengkap di bawah ini.

Jenis Bahan Kaos Yang Ada Di Pasaran

Sebelum anda memutuskan untuk produksi sendiri bahan kaos sebagai bahan untuk bisnis alangkah baiknya apabila anda mencari tahu informasi mengenai berbagai macam jenisnya. Dengan begitu anda bisa mendapatkan produksi bahan yang sesuai dengan pasar yang anda tuju.

Tentu saja pasar yang anda tuju harus jelas sesuai dengan usianya dan harga. Yang perlu anda ketahui bahwa usia seseorang sangat mempengaruhi sensitivitas kulit. Kebanyakan jenis kaos yang digunakan oleh anak kecil dan orang dewasa berbeda.

Kebanyakan anak kecil mudah alergi apabila bahan yang digunakan tidak cocok dengan kulitnya. Nah hal ini perlu anda perhatikan supaya branding yang anda buat tidak tercemar. Selain usia, anda juga perlu memperhatikan harga.

Pastinya daya beli masyarakat satu dengan masyarakat yang lain berbeda. Mayoritas masyarakat indonesia mencari bahan kaos yang bagus, nyaman dan pastinya harganya murah. Kata murah ini perlu bahkan sangat penting untuk menjadi bahan pertimbagan anda sebelum anda memutuskan untuk memproduksi kaos dalam partai besar.

  1. Bahan Kaos Cotton Combed

Jenis bahan yang pertama digunakan adalah cotton combed. Bahan cotton combed sebenarnya adalah bahan katun yang secara murni terbuat dari bahan kapas. Hasilnya pun menyebabkan kain menjadi halus dan mudah menyerap keringat.

Kaos yang terbuat dari bahan ini pun menjadi dingin dan banyak dicari sebagai kaos distro. Jenis kain kaos yang sangat nyaman di gunakan berbagai usia mulai dari bayi, remaja hingga orang dewasa sekalipun.

Memang jenis kaos bahan katun bisa di bilang bahan terbaik dalam textile karena seratnya yang sangat lembut dan halus tidak membuat kulit iritasi. Bahkan kulit anak kecilpun akan lebih aman ketika menggunakan kaos dari bahan cotton combed.

bahkan bahan yang satu ini memiliki banyak sekali kelebihan selain dari seratnya yang halus. Kelebihan lain dari bahan ini adalah daya serap keringatnya yang sangat bagus sehingga dengan begitu anda yang berkeringat akan lebih cepat kering dan tidak menyebabkan bau badan akibat keringat yang mengendap.

Ketika anda ingin menerapkan bahan cotton combed maka anda membutuhkan dana ekstra. Karena bahan kaos yang bagus tentu saja tidak murah seperti cotton combed yang sedang kita bahas saat ini. Harga yang di butuhkan untuk membuat bahan ini tentunya cukup mahal sehingga anda perlu tahu siapa pasar anda ketika sudah di produksi dan di promosikan dalam partai besar.

Namun apabila anda adalah seorang konsumen atau pemakai kaos, bahan ini bisa anda dapatkan dengan harga yang relatif mahal. Akan tetapi mengingat kualitasnya yang bagus maka sesuai dengan harga  yang di tawarkan.

Bahan cotton combed apabila sudah di produksi dapat di kombinasikan dengan desain masa kini. Tidak hanya itu saja karena bahan cotton combed bisa di desain sesuai dengan yang anda inginkan.

  1. Bahan Cotton Carded

Yang kedua adalah Bahan Cotton Carded, bahan kaos yang satu ini juga dikenal dengan bahan yang terbuat dari cotton carded. Bahan ini adalah jenis bahan cotton atau katun, namun memang tidak sebagus kualitas combed.

Apabila di bandingkan dengan cotton combed tentu saja kualitasnya sedikit lebih kasar dibandingkan dan juga tidak merata. Meskipun demikian, jenis bahan ini tetap populer untuk menghasilkan kaos dengan harga yang terjangkau.

Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa ada harga tentunya ada kualitas, apabila harganya di turunkan maka kualitasnya juga ikut menurun. Namun meski bagaimanapun yang mamanya bahan yang terbuat dari cotton pastinya nyaman meskipun kualitasnya bukan A1.

Bahan kaos dengan menggunakan cotton carded bisa di terapkan pada kaos masa kini. Sudah banyak kaos oblong atau t-shirt yang menggunakan bahan cotton carded karena pangsa pasar indonesia mayoritas mencari bahan kain dengan harga yang terjangkau.

Cukup banyak variasi bentuk dan juga desain dari bahan cotton carded, mulai dari hijab, kemeja hingga kaos sekalipun. Rasa nyaman, daya serap keringatnya juga bagus hanya saja sedikit kasar apabila di bandingkan dengan bahan cotton combed.

  1. Bahan Polyester

Ada juga bahan kaos yang banyak diminati di musim dingin oleh para penggunanya, yaitu kaos yang terbuat dari bahan polyester. Bahan ini diketahui terbuat dari serat sintesis yang memberikan kehangatan saat digunakan. Itulah mengapa kaos yang digunakan ini tidak cocok untuk musim panas, lebih cocok untuk musim dingin.

Apabila di daerah anda sedang mengalami musim dingin ataupun musim hujan yang menyebabkan udara jadi dingin maka anda membutuhkan baju yang terbuat dari bahan polyester. Baju ataupun kaos yang di buat dengan menggunakan bahan ini akan membuat tubuh anda terasa hangat.

Banyak pertanyaan mengapa bahan polyester dapat membuat badan hangat apabila di gunakan pada saat musim dingin, jawabannya cukup sederhana. Bahan polyester terbuat dari bahan sintetis sehingga seratnya juga serat sintetis yang mana bersifat kedap air.

Meskipun tidak sekedap mantel jas hujan tapi tetap saja bahan ini tidak cocok digunakan untuk panas panasan karena bahannya yang bersifat tidak menyerap keringat. Ketika anda melihat baju jersey maka disitulah anda melihat kaos yang terbuat dari bahan polyester.

Bahan kaos polyester akan terasa licin pada saat anda berkeringat karena bahan dari baju polyester tidak bersifat menyerap keringat. Untuk itu ketika anda hendak memproduksi kaos jersey maka jenis kain polyester adalah pilihan yang tepat.