Bahan Linen Itu Jenis Kain Seperti Apa? Ini Kelebihan & Kekurangannya

Seperti yang kita semua tahu bahwa katun merupakan salah satu bahan yang dianggap paling mewah dan bagus di dalam pembuatan busana pakaian ataupun hijab. Bahkan tidak hanya itu saja , harga yang di patok untuk membuat pakaian dari bahan katun juga tidak bisa dianggap murah.

Namun seiring berkembnagnya wakutm katun memiliki harga yang mulai relatif tergantung kelasnya. Ketika anda mencari sebuah pakaian dari bahan katun yang nyaman dan murah, maka bahan linen adalah salah satu jawabannya.

Jenis kain linen atau kain katun linen merupakan sebuah bahan pembuat pakaian yang banyak di gunakan sebagai campuran katun. Bisa di bilang linen bukan sebauh bhan katun murni dengan tujuan membuat kain mirip katun yang nyaman dengan harga terjangkau.

Meskipun demikian, kain linen tetap nyaman ketika digunakan karena pada dasarnya untuk membuatnya di butuhkan bahna katun sebagai campurannya.

bahan katun linen memiliki sifat casual sehingga mudah kusut , berbeda dengan jenis kain katun grade A seperti kain katun yang murni dari katun 100 persen.

Bagi anda yang penasaran dengan keunggulan dari jenis kain linen, akan di jelaskan secara lengkap dan terperinci di website ini. Berikut ini keunggulan bahna linen

Keunggulan bahan linen

1. Teksur Lembut

Namanya juga bahan katun, tekstur lebuat adalah salah satu keunggulannya, tekstur yang lembut sangat nyaman untuk di kenakan dalam waktu yang lama. Dan yang menjadi poin penting terhadap tekstur yang lembut adalah tidak membuat iritasi pada kulit.

2. Adem untuk pakaian gamis dan baju

Rasa nyaman dan segar karena sirkulasi udara yang masuk ke dalam kain adalah poin penting untuk di perhatikan. Hal tersebut bisa anda dapatkan di dalam sebuah kain linen.

Gamis merupakan sebuah busana yang panjang dan tertutup sehingga sangat penting untuk memperhatikan kain yang di pakai untuk membuatnya seperti bahan linen..

3. Serabut kain yang tidak terburai

Keunggukan lain dari kain linen adalah serabut yang tidak terburai serta halus sehingga sangat terasa nyaman pada saat di gunakan. Bahan campuran katun yang satu ini memiliki serat yang halus dan lembut.

4. Kain yang tidak menerawang

Sebagai salah satu kain untuk membuat busana muslim dan hijab, kain linen sangat cocok. kian yang tidak menerawan serta ringan membuatnya cocok untuk di jadikan sebagai busana muslim dan hijab.

Beberapa kelebihan dari kain linen memang membuat anda tertarik untuk membelinya, namun belum lengkap apabila belum mengetahui kekurangannya.

Kekurangan bahan linen

1. Serat benang yang mudah terurai

Mengingat jenis serabutnya yang tidak terburai memang nyaman untuk di kenakan, akan tetapi yang perlu untuk anda ketahui. Serat benang dari bahan linen mudah untuk terburai sehingga lama kelamaan menjadi tipis.

2. Bahan kain yang tergolong berat

Kain dari jenis kain linen tidak menerawang, tentu saja hal tersebut membuat bahan linen terasa berat pada saat digunakan karena teksturnya yang rapat.

Setelah anda mengetahui kelebihan dan kekurangan kain linen maka anda mendapatkan informasi mengenai kain tersebut. Hal ini bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum anda memilih bahan linen sebagai salah satu bahan pembuat pakaian.

Meskipun terdapat kekurangan yang tidak terlalu dominan pada jenis kain linen, kain tersebut tetap nyaman untuk di kenakan. Mengingat bahan linen adalah kain campuran dari kain katun yang halus karena terbuat dari sutera yang halus.